Langsung ke konten utama

NHW Pra-Matrikulasi: ALIRAN RASA PRA MATRIKULASI & STUDIUM GENERALE (IIP BATCH #7)



Bismillahirrahmanirrahiim.

Diawali dari curhat tentang masalah pribadi, obrolan saya dengan saudara sepupu mengantarkan saya mengenal Institut Ibu Profesional (IIP), sebuah forum belajar bagi ibu dan calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas dirinya. Sebagai seorang singlelillah, saya mempunyai tekad untuk menggali ilmu terlebih dahulu, agar kelak saat tanggungjawab itu tiba, saya bukan saja menjadi sekadar seorang ibu, lebih dari itu, saya ingin menjadi ibu professional yang mampu membangun peradaban mulai dari lingkungan keluarga.

  • ·         Tahap Pra Matrikulasi

Tahap untuk menjadi seorang Ibu professional bagi saya memang masih panjang, ada beberapa tahapan yang harus saya lalui hingga saya benar-benar siap untuk ikut berkontribusi. Dan sekarang ini saya masih berada pada tahap pra matrikulasi, hmm apa ya matrikulasi itu? Yakni sebuah program persiapan bagi peserta untuk bertransformasi menjadi Ibu Profesional. Qadarullah, Allah pertemukan saya dengan ibu-ibu pembelajar di kelas Matrikulasi IIP batch #7.

Selama mengikuti kelas pra-matrikulasi, ada banyak sekali informasi yang saya dapat seputar kegiatan-kegiatan yang akan saya ikuti dengan jadwal yang sudah terstruktur selama menjadi Mahasiswi IIP. teh Fanvi sebagai wali kelas juga memaparkan tentang Code of Conduct (CoC) sebagai panduan bagi para peserta, isinya tentang hal yang boleh dan tidak boleh peserta lakukan selama ada di lingkungan komunitas Ibu professional. 

Walaupun tidak langsung bertatap muka, saya bisa merasakan energi positif itu sampai kepada diri saya dari berbagai hal yang narasumber sampaikan. Diskusi tanggal 16 Januari 2019 misalnya, yang membuat waktu pagi lebih berkah dengan pemaparan materi via whatsapp. Ada teh Wening dan teh Nurul kala itu yang menjawab berbagai pertanyaan dari ibu-ibu pembelajar terkait kegiatan di IIP regional khususnya di kota Bandung. Dari diskusi tersebut kami bisa mengetahui wilayah mana saja yang menjadi tempat Kelas Belajar (KB), juga ada pemaparan tentang Rumah Belajar (RB), yakni kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan passion-nya. saat itu saya sudah tertarik untuk mengikuti RB dibidang Literasi dan Public speaking, kegiatan yang akan mengasah kemampuan saya dibidang membaca dan menulis, juga aktif bersuara di ruang publik. 

  • ·         Studium Generale
Di IIP ada satu acara yang membuat saya sangat terkagum-kagum, untuk pertama kalinya saya mengikuti “seminar” online dengan tajuk STUDIUM GENERALE hari pertama yang diikuti oleh dua ribuan lebih peserta dari seluruh Indonesia, luar biasanya acara berjalan secara kondusif dan atmosfernya seperti kita mengikuti seminar secara langsung, masyaAllah. Pada kegiatan tersebut hadir pula jajaran pengurus Institut Ibu Profesional, panitia, fasilitator, dan wali kelas Matrikulasi IIP Batch #7, yang membuat para peserta lebih mengenal dan merasa lebih dekat dengan mereka yang kini menjadi inspirator bagi kami di komunitas ini. Matrikulasi Success Stories menjadi puncak acara pada kegiatan malam itu, enam orang alumni mulai dari matrikulasi batch #1 hingga matrikulasi batch #6 menyampaikan cerita suksesnya mereka selama mengikuti program matrikulasi, berkisar tentang aplikasi pembelajaran matrikulasi di dalam kehidupan mereka sehari-hari. 

Dari keenam pemateri, semuanya bergerak dibidang yang berbeda-beda, namun tujuan mereka sama, yakni menjadi bermanfaat bagi keluarga dan sesama dengan fashion yang mereka miliki. Makin menggeloralah semangat saya malam itu, semakin tidak sabar untuk melahap habis semua tantangan yang akan saya lalui selama sembilan pekan ke depan di program matrikulasi ini. dan yang membuat saya bersemangat adalah di sini saya tidak belajar sendiri, akan ada rekan seperjuangan dan tentunya para fasilitator  yang akan membimbing kami untuk bersama-sama menuju perubahan ke arah yang lebih baik.
***

Allah selalu menunjukkan jalan bagi hamba-Nya yang ingin berproses menjadi bermanfaat, dan Allah telah menunjukkan jalan itu kepada saya, seorang fakir ilmu dan fakir amal yang ingin keberadaannya bisa bermanfaat bagi orang-orang sekitar, terkhusus bagi keluarga saya kelak. Tergabung dalam kelas Matrikulasi batch #7 Institut Ibu Profesional (IIP) adalah anugerah yang tak ingin saya lewatkan begitu saja, akan ada banyak peluang yang bisa saya manfaatkan untuk terus berproses menjadi pribadi yang lebih baik dan ikut menjadi bagian dalam membangun peradaban yang bisa dimulai dari dalam keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA | KESELARASAN JAMPÉ UBAR HATÉ DENGAN HADIST NABI (tentang kuatnya doa orang yang teraniaya)

Oleh: Heni Meliyanawati Tahukah anda bahwa Desa Ciparakan yang terletak di Kecamatan  Kalipucang, Pangandaran  merupakan gudangnya ilmu  mantra ?  Di desa ini  berbagai jenis  mantra  mudah sekali ditemukan dan ternyata masyarakatnya pun masih menggunakan  mantra dalam kehidupannya sehari-hari. M ulai  dari mantra yang digunakan untuk memulai suatu pekerjaan ( Jangjawokan ), mantra untuk menyembuhkan penyakit ( Jampé ), mantra dalam urusan menguasai jiwa yang lain ( Asihan ), mantra agar memiliki kekuatan ( Ajian ), mantra agar tidak diganggu oleh bangsa jin ( Singlar ), dan mantra yang digunakan untuk keselamatan ( Rajah ). Mantra sebagai salah satu karya sastra puisi  buhun  (kuno) lahir dalam masyarakat Sunda primitif. Menurut  Hauser (dalam Faruk, 2013:12), kesusastraan zaman primitif ini terbagi menjadi dua, yakni ketika masyarakat masih dalam pola produksi sebagai masyarakat berburu, misalnya, seni cenderung meniru alam karena berfungsi sebagai kekuatan yang secara la

30 HARI BERCERITA | 01. Bismillah, mulai yuk!

Assalamu'alaikum, pembaca yang budiman. Selamat pagi di hari yang cerah ini ya, selamat beraktivitas dan jangan lupa bahagia. Oh iya, untuk setiap aktivitas yang kita lakukan ada baiknya kita niatkan sebagai media untuk beribadah kepada Allah SWT, InsyaAllah berkah, dan semoga Allah mudahkan jalan kita semua. Aamiin. Hari ini saya akan memulai sesuatu yang sejak lama ingin saya lakukan, yakni menulis secara terus menerus tanpa ada jeda barang sehari pun. Awalnya ragu sih untuk memulai, takut gak bisa. Lah gimana saya mau nulis di blog yang mesti panjang, wong bikin caption satu paragraf aja kadang susahnya setengah mati. B elum lagi mengatur mood yang kadang bikin jengkel sendiri, hari ini semangat nulis, besoknya hmmm ga tau deh. Hehe. Eh tapi, kalau ga dimulai sekarang mau kapan lagi? Toh sejak dulu saya hanya terperangkap pada sesuatu yang berupa ketakutan saya saja. Jadi, dari pada bersembunyi dibalik kelemahan saya, lebih baik saya mulai tuk melangkah. So, let's sta

NHW #6 Belajar Menjadi Manager Keluarga Handal | Heni Meliyanawati

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh Apa kabar pembaca yang budiman? Gak kerasa ya sudah hari Minggu lagi, dan seperti biasa, di hari Minggu malam ini adalah jadwal saya untuk merampungkan Nice Homework saya untuk program matrikulasi batch 7 di Institut Ibu Profesional.  Di NHW kali ini, saya belajar tentang cara menjadi manager keluarga yang handal. Bisa dibilang NHW kali ini adalah NHW yang paling saya favoritkan, kenapa ? Karena saya menjadi tahu tugas spesifik menjadi ibu itu seperti apa, dan NHW kali ini bisa membantu saya untuk menyusun kegiatan sehari-hari agar lebih terstruktur dan bisa lebih fokus ke pekerjaan yang harus diprioritaskan, hampir mirip dengan NHW #2 ya. Namun sebelum ke bagian inti, tidak seperti biasanya, saya ingin berbagi materi yang telah disusun oleh tim matrikulasi IIP batch 7 mengenai IBU MANAGER KELUARGA HANDAL. Selamat membaca! *Motivasi Bekerja Ibu* Ibu rumah tangga adalah sebutan yang biasa kita dengar untuk ibu yang